Minggu, 21 Mei 2017

Iklan Billboard Keripik Nangka






Penjelasan konsep billboard Keripik Nangka
oleh Karina Dwi Pramesti, 1506720690

Strategi kreatif: What Happened With The Product
Iklan ini menggunakan strategi kreatif dengan pendekatan what happened with the product, iklan ini ingin menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi keripik nangka maka tubuh anda akan lebih sehat karena keripik nangka memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi keripik nangka, maka hidup akan lebih sehat!

Ide kreatif:
Big idea dari iklan keripik nangka adalah sebagai makanan yang sehat dan natural. Konsep yang digunakan untuk iklan billboard ini adalah dengan membandingkan snacks yang tidak sehat dengan keripik nangka yang terbuat dari bahan yang natural sehingga aman untuk kesehatan tubuh kita dan lebih sehat. Terdapat anak kecil yang melirik ke arah snacks yang tidak sehat karena pada biasanya anak-anak lebih menyukai makanan-makanan manis seperti permen, kue, dan lain-lain. Iklan ini ingin memberi tahu bahwa jika kita tidak memilih snacks yang benar maka dapat membuat hidup kita tidak sehat dan tidak aman untuk kesehatan, sedangkan jika kita memilih snacks yang sehat maka hidup kita akan lebih sehat seperti jika kita memakan keripik nangka karena keripik nangka aman untuk di konsumsi bagi tubuh kita, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, maka hidup kita pun akan lebih sehat. Selain itu, keripik nangka ini memiliki rasa yang manis yang tidak kalah dengan snacks itu. Target sasaran dari keripik nangka ini adalah untuk semua umur, jadi dapat dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa untuk pengganti snacks sehari-hari. Oleh karena itu, dipilihnya anak kecil ini untuk mengingatkan para orang tua untuk menjaga kesehatan dan hidup lebih sehat untuk keluarganya.

Elemen yang ada di dalam iklan ini adalah ilustrasi dari anak kecil yang ingin mengambil snack dari tumpukan snack manis-manis yang digambarkan dengan memberi gambar tumpukan snack dan kepala anak kecil yang sedang melirik, kemudian saya menambahkan packaging dari Jackfruit Chips di sebelah kanan untuk memperjelas maksud iklan ini adalah iklan produk keripik nangka. Terdapat logo 100% Indonesia karena produk ini adalah produk asli Indonesia, dan logo saya sendiri. Billboard ini dibuat simple tapi menarik perhatian orang dengan tipografi-nya yang bold dan juga tumpukan snack yang berwarna-warni.

Tipografi dan Warna:
Copywrite: “Wrong snacks are unhealthy, eat jackfruit chips!”  ; tagline:  “Live healthier, eat healthy chips”
Penggunaan bahasa inggris karena segmentasi pasar dari penjualan keripik nangka ini adalah untuk kelas menengah. Iklan ini tidak menggunakan banyak copywrite karena iklan billboard hanya dibaca orang secara cepat sehingga penulisan dibuat semenarik mungkin dan pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh target sasaran. Tipografi yang digunakan adalah huruf  sans serif karena lebih terlihat modern, tidak formal, dan gampang dibaca.

Warna yang digunakan untuk background adalah warna putih untuk memudahkan pembaca ketika melihat iklan ini dan warna putih ini dapat lebih menonjolkan warna dari tipografi dan warna dari tumpukan snack yang dapat menarik mata pembaca.  Untuk tipografi menggunakan warna hitam dan merah, Warna hitam karena warna ini dapat terlihat jelas ketika dibaca sekilas dan warna merah lebih berenergi dan dapat meningkatkan nafsu/gairah untuk mencoba keripik nangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar